JPI Inisiasi Lari “Ciliwung Punya Kita”

JPI Inisiasi Lari “Ciliwung Punya Kita”


Jakarta, 7 April 2018 - Jakarta Property Institute (JPI), bekerja sama dengan Jakarta Berlari menggelar acara lari “Ciliwung Punya Kita.” Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 7 April 2018 ini mengikutsertakan sekitar 100 pelari, termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Melalui acara ini, para pelari mencoba rute sejauh 5 kilo meter menelusuri sungai Ciliwung sekaligus melewati bagian Jakarta yang penuh sejarah, budaya dan cerita. Lari dimulai dari Tugu Proklamasi dan selesai di Balai Kota DKI Jakarta.

Direktur eksekutif JPI Wendy Haryanto mengatakan, JPI yang juga mewakili warga kota Jakarta ingin membangun Jakarta menjadi kota bertaraf internasional. Mayoritas kota-kota internasional yang terpandang memiliki badan air yang digunakan dengan baik untuk kepentingan warganya.

Jakarta memiliki Sungai Ciliwung yang sudah menjadi urat nadi sejarah dan perekonomian Jakarta sejak dulu. JPI mengajak warga untuk mengenal kembali sungai yang menjadi bagian dari kota ini, mengembalikan fungsi nadi kota, dan mengembalikan kepemilikan kota kepada warganya.

“Berlari atau berjalan adalah cara yang amat manusiawi untuk mengenal suatu area. Dengan demikian, untuk dapat membangun jiwa raga yang sehat, kami pun mengajak warga menikmati kota dengan mengenalkan jalur lari melewati nadi kota dan lokasi-lokasi bersejarah lainnya,” jelas Wendy.

Sandiaga yang menjalankan gaya hidup aktif dan sering berlari bersama komunitas Jakarta Berlari, mengatakan acara ini adalah upaya awal untuk mendekatkan kembali warga dengan kotanya. “Selama ini, Ciliwung sudah lama dilupakan warga Jakarta. Ini adalah inisiatif yang baik bagi kita untuk kembali mengenal sungai ini. Saya sekaligus mengajak teman-teman Jakarta Berlari untuk berlari menyusuri Ciliwung,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, perwakilan dari Jakarta Berlari Roestiandi Tsamanov mengatakan acara “Ciliwung Punya Kita” juga sekaligus menjadi perayaan hari jadi Jakarta Berlari yang kedua. “Saya harap perayaan hari jadi Jakarta Berlari yang kedua ini dapat menginspirasi warga Jakarta pada umumnya dan khususnya warga di sekitar Sungai Ciliwung untuk peduli dan menjaga lingkungan Sungai Ciliwung.”

Jakarta Berlari sendiri mendukung program lari dengan rute menyusuri Ciliwung sehingga pelari bisa mempunyai alternatif rute untuk beraktivitas dan berolahraga selain rute yang populer saat ini yaitu jalur Car Free Day (CFD).