City Stats - kota yang berorientasi transit

Pembangunan kota Jakarta belum berorientasi transit. Infrastruktur yang tersedia di Jakarta belum membuat penduduk nyaman berjalan kaki dan bersepeda. Berbeda dengan Singapura dan Hong Kong yang sudah berorientasi transit.

1.
Penduduk Jakarta berjalan 2x lebih jauh dari penduduk Singapura, karena jarak dari transportasi massal ke destinasi akhir jauh
Rata-rata jarak berjalan kaki per hari dari halte dan stasiun transit ke tujuan akhir | 2020
Sumber: Moovit Public Transport Index 2020 City Stats - kota yang berorientasi transit
2.
Total panjang jalur sepeda di Singapura dan Hong Kong 2 sampai 4x lebih panjang dibanding Jakarta.
Panjang Jalur Sepeda | 2020 & 2021
Sumber: ITDP, Land Transport Authority Singapore, Legislative Council of Hong Kong City Stats - kota yang berorientasi transit
3.
Jakarta mengandalkan mobil pribadi sebagai moda utama, berbeda dengan Singapura dan Hong Kong.
Persentase perbandingan moda mobilitas | 2020
Sumber: Deloitte City Mobility Index 2020 City Stats - kota yang berorientasi transit
4.
Kualitas infrastruktur bersepeda di Jakarta paling kecil dibandingkan Singapura dan Hong Kong.
Skor infrastruktur bersepeda | 2019
Sumber: COYA Bicycle City Index City Stats - kota yang berorientasi transit
5.
Dari 100 ribu penduduk, Jakarta hanya memiliki 1 bike share dan bike rental station.
Jumlah bike share dan bike rental station per 100 ribu penduduk | 2019
Sumber: COYA Bicycle City Index City Stats - kota yang berorientasi transit