Tempat Weekend di Jakarta: Menengok Kembali Survei JPI 2021

11 December 2023

Pada tahun 2021, JPI menggelar sebuah survei online, City After the Pandemic: How Will We Live, Work, and Play? 

Survei ini bertujuan mencari tahu ekspektasi maupun harapan para responden tentang hidup pasca pandemi. Pada bulan Januari 2021, survei ini dijawab oleh 408 responden yang tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya. 

Salah satu hasil dari survei ini menunjukkan bahwa 66,8% responden ingin mengunjungi wisata alam, seperti pantai, taman, atau hutan kota, saat pandemi telah berlalu. Data ini dapat dikatakan senada dengan keinginan warga kota besar lainnya di dunia. Pasalnya, warga kota besar pada dasarnya memang cenderung lebih merindukan suasana alam. 

Selain itu, menurut Mental Health Foundation (Inggris Raya), kontak dengan alam terbukti memiliki peran krusial bagi kesehatan mental manusia saat pandemi. Tak heran, warga Jabodetabek dan sekitarnya yang berpartisipasi dalam survei JPI pun rindu pergi berlibur atau sekedar menikmati keindahan alam di tempat weekend di Jakarta. 

Nah, setelah pandemi berlalu, sudahkah Anda mengunjungi satu per satu destinasi liburan pasca pandemi sesuai harapan? Kalau belum sempat bepergian jauh, tidak ada salahnya kunjungi terlebih dahulu beberapa tempat weekend di Jakarta. 

Sejak pandemi, Jakarta juga menghadirkan sejumlah destinasi dan wajah baru yang wajib dikunjungi. Ayo, kita tengok beberapa tempat weekend di Jakarta yang sesuai untuk refreshing di tengah alam. 

1. Tebet Eco Park

Berlokasi di Tebet Timur Raya, Tebet Eco Park menghadirkan taman kota seluas 7 hektare yang sangat menyegarkan di tengah keramaian Jakarta Selatan. Tebet Eco Park menawarkan area asri dan rindang yang sangat ideal untuk piknik, berolahraga, bermain, maupun sekedar bersantai. Sejak pembukaan resminya pada masa pandemi, yaitu pada 24 April 2022, Tebet Eco Park segera menjadi pilihan tempat weekend di Jakarta yang sangat populer. 

Jumlah pengunjung Tebet Eco Park dibatasi sebanyak 4000 pengunjung pada hari Senin sampai Jumat, dan 5000 pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk itu, pengunjung harus menjadwalkan kunjungan melalui aplikasi JAKI, bebas biaya. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi akun resmi Instagram Tebet Eco Park

2. Urban Forest Cipete

Urban Forest Cipete dibuka pada 12 Agustus 2022 dan meramaikan pilihan tempat piknik di Jakarta Selatan. Meskipun sudah ada sejak lama, ruang terbuka hijau ini tadinya tidak terbuka untuk umum. Jadi, Urban Forest Cipete juga merupakan tempat weekend di Jakarta yang baru hadir setelah pandemi. 

Urban Forest Cipete memiliki luas sekitar 1,8 hektare dan menawarkan lingkungan yang hijau dan tenang. Area rindang ini menawarkan kesempatan untuk escape sejenak dari hiruk-pikuk Jakarta, tanpa perlu meninggalkan kota. 

Taman kota ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk berbagai gerai makanan dan kopi dengan variasi menu yang juga menarik. Spot ini juga sering disebut sebagai destinasi wisata Jakarta yang stylish dan juga Instagrammable sehingga telah menjadi salah satu pilihan favorit. 

Urban Forest Cipete buka setiap hari dari jam 07.00-22.00 WIB dan dapat dikunjungi secara gratis. 

3. Hutan Kota by Plataran

Hutan Kota by Plataran adalah tempat wisata di Jakarta yang menghadirkan suasana hijau dan rindang yang bersanding dengan megahnya gedung pencakar langit. Hutan kota yang juga sering disebut Hutan Kota GBK ini memiliki luas 4,5 hektare, dan tadinya merupakan area Senayan Golf Driving Range. 

Dilansir dari website resmi Plataran, Hutan Kota GBK pertama kali diperkenalkan kepada publik pada penyelenggaraan rangkaian acara Asian Games 2018, saat Indonesia menjadi tuan rumah. 

Pada tahun 2019, Hutan Kota by Plataran menjalani revitalisasi. Dan usai pandemi, kawasan ini sudah semakin rimbun dan ideal untuk menyandang fungsi hutan kota. Jadi, kawasan GBK sekarang tak lagi hanya menjadi tujuan weekend di Jakarta untuk berolahraga saja, melainkan juga sebagai tempat piknik di Jakarta

Hutan Kota GBK buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari jam 06.00-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB. Pengunjung dapat berkunjung secara gratis melalui pintu 5 dan pintu 7 GBK. 

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Menyusul pembukaan kembali TMII melalui uji coba terbatas pada bulan November 2022, revitalisasi TMII diresmikan pada bulan September 2023. Momen peresmian ini berlangsung pada bulan sama berakhirnya status pandemi di Indonesia. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, TMII memiliki kawasan seluas 26,56 hektare, yang mana 70% merupakan ruang terbuka hijau. 

Area luas serta fasilitas dan wahana yang diperbarui usai revitalisasi menjadikan TMII  tempat weekend di Jakarta yang sangat menarik. 

TMII buka setiap hari dari jam 06.00 - 20.00 WIB. Dan untuk mengecek harga tiket masuk dan parkir, silakan kunjungi situs resmi TMII

Jadi, kapan Anda akan mengunjungi tempat weekend di Jakarta yang menjadi favorit baru pasca pandemi? Selamat menikmati tambahan serta wajah baru ruang terbuka hijau Jakarta yang bebas dikunjungi oleh publik! Dan semoga ke depannya ada semakin banyak lagi destinasi wisata Jakarta yang membuat kita  bisa menikmati keindahan alam tanpa keluar kota. 

 


Publications

Blog/opinion

News releases

Close Button

Stay Informed!

Sign up here to get our latest content, updates and special events delivered to your inbox.