Cara ke TMII dengan KRL Commuterline dan TransJakarta

15 May 2023

Cara ke TMII dengan KRL Commuterline dan TransJakarta

Integrasi transportasi di Jakarta yang telah semakin maju. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan menggunakan transportasi publik Jakarta. Dengan transportasi publik yang semakin nyaman, masyarakat diharap beralih ke transportasi publik.

Kerja keras Pemprov DKI untuk meningkatkan kualitas transportasi publik pun telah menunjukkan hasil. Transportasi publik dinilai sudah lebih dapat diandalkan kenyamanannya, baik  untuk commute maupun jalan-jalan.

Jika bicara soal jalan-jalan, ada begitu banyak objek populer yang mudah dicapai dengan transportasi publik Jakarta. Rekreasi jadi kian mudah, dan dari segi finansial juga lebih terjangkau. Tinggal dicari tahu saja, bagaimana cara menuju ke objek dengan transportasi publik.

Misalnya, jika ingin melihat wajah baru TMII usai revitalisasi, cara ke TMII dengan transportasi publik ternyata tidak sulit, lho! Berikut cara ke TMII dengan transportasi publik naik KRL Commuterline dan TransJakarta.

Bagaimana cara ke TMII dengan transportasi publik?

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah selesai direvitalisasi. Dikutip dari situs Portal Informasi Indonesia, sejak uji coba terbatas yang dilakukan 20 November 2022, pintu masuk TMII diakses melalui Pintu 3 Sisi Keong Mas.

Selain penambahan anjungan provinsi dari 27 menjadi 38 provinsi, berbagai wahana dan fasilitas TMII juga telah diperbaiki. Plus, TMII sekarang punya bus listrik yang dapat membawa pengunjung untuk berkeliling. Menarik, bukan? Nah, berikut adalah cara ke TMII dengan transportasi publik Jakarta.

  • Cara ke TMII dengan transportasi publik KRL Commuterline
Datang dari arah mana pun, cara ke TMII dengan transportasi publik dengan menggunakan KRL Commuterline adalah dengan turun di Stasiun Tanjung Barat. 

Jarak dari Stasiun Tanjung Barat ke TMII memang masih cukup jauh dan bukan walkable distance. Namun, cara ke objek dengan transportasi publik dari Stasiun Tanjung Barat bisa dengan naik JakLingko S15A (Ragunan-Taman Mini). Pastikan untuk menyetop angkot dengan tulisan JakLingko di badan atau kaca mobil untuk memanfaatkan fasilitas JakLingko, termasuk tarif integrasi.

Cara lain ke TMII dengan transportasi publik KRL adalah dengan turun di Stasiun Cawang. Perjalanan dilanjutkan dengan bus TransJakarta Rute 7D (Cawang UKI-TMII), naik di Halte Stasiun Cawang dan turun di gerbang TMII.

  • Cara ke TMII dengan transportasi publik bus TransJakarta, turun di Halte Taman Mini Garuda
Cara ke TMII dengan transportasi publik TransJakarta adalah dengan mencari rute yang mengarah ke Halte Cawang UKI. Dari Halte Cawang UKI, lanjutkan perjalanan naik TransJakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) atau 9C (Bundaran Senayan-Pinang Ranti). 

Selain dari Halte Cawang UKI, TransJakarta koridor 9 dan 9C juga melewati perempatan Semanggi, Pancoran, dan Kuningan. Jadi, tergantung pada titik start, cara ke TMII dengan transportasi publik juga bisa melalui halte di kawasan di atas. Halte tujuannya adalah Halte Taman Mini Garuda.

Dari halte ini, jarak tempuh ke pintu masuk TMII yang dapat diakses, yaitu Pintu 3 Sisi Keong Mas, masih 2 kilometer lagi. Jarak ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

  1. Cara ke TMII dengan transportasi publik bus TransJakarta, turun di gerbang TMII

Jika tidak ingin berjalan kaki dari Halte Taman Mini Garuda, cara ke TMII dengan transportasi publik TransJakarta paling ideal menggunakan koridor 7D (Stasiun Cawang- Kampung Rambutan). Pasalnya, bus ini dapat mengantarkan penumpang sampai di Pintu 3 TMII, sehingga perjalanan lebih praktis, mudah, dan singkat.

Nah, demikian tiga cara ke TMII dengan transportasi publik buat warga Jakarta dari segala arah. Dengan memanfaatkan transportasi publik Jakarta yang sudah semakin terintegrasi, rekreasi pun dapat semakin mudah dan hemat. Berikutnya, ingin tahu cara ke objek mana lagi dengan transportasi publik?


Publications

Blog/opinion

News releases

Close Button

Stay Informed!

Sign up here to get our latest content, updates and special events delivered to your inbox.