Koefisien Lantai Bangunan (KLB): Definisi dan Cara Menghitung KLB

29 November 2022

Apakah Anda pernah mendengar istilah Koefisien Lantai Bangunan atau KLB? KLB ini merupakan salah satu faktor krusial yang mempengaruhi pembangunan gedung tinggi di Jakarta. KLB menentukan berapa tinggi bangunan yang diperbolehkan untuk dibangun di Jakarta. Mari kita intip hal-hal mendasar tentang Koefisien Lantai Bangunan. 

Apa definisi Koefisien Lantai Bangunan?

Koefisien Lantai Bangunan, yang oleh masyarakat awam sering disebut KLB, secara sederhana adalah koefisien penentu tinggi bangunan yang ditetapkan oleh pemerintah. Jadi, bisa dibilang, Koefisien Lantai Bangunan merupakan pedoman yang membatasi jumlah lantai yang boleh dibangun pada bangunan.  

Di samping itu, Koefisien Lantai Bangunan juga dapat diartikan sebagai persentase hasil perbandingan antara total luas seluruh lantai bangunan dengan luas lahan yang tersedia. KLB untuk setiap persil/kawasan tidaklah sama. Nilai Koefisien Lantai Bangunan untuk wilayah DKI Jakarta tercantum dalam Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

Lalu, bagaimana cara menerapkan KLB untuk menghitung jumlah lantai yang dapat dibangun?

KLB adalah angka yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Nilai KLB ini kemudian digunakan untuk menghitung batas jumlah lantai yang boleh dibangun. Daftar KLB masing-masing kawasan dapat diakses pada  pada situs  jakartasatu.jakarta.go.id. 

Namun, jika ingin menghitung nilai KLB suatu bangunan, Anda bisa saja menggunakan rumus sederhana: luas seluruh lantai bangunan dibagi dengan luas lahan.

Untuk melihat simulasi perhitungan KLB, bisa dilihat pada video berikut: Aturan ketinggian gedung dan efeknya untuk kota

Demikian definisi, cara menghitung serta penerapan nilai Koefisien Lantai Bangunan. Jika Anda ingin mengetahui peran penting peningkatan KLB di Jakarta untuk kota ke atas, baca juga artikel Lahan BUMD, Alternatif yang Atasi Darurat Hunian. 

Blog

News releases

Close Button

Stay Informed!

Sign up here to get our latest content, updates and special events delivered to your inbox.