Hunian Vertikal: Kelebihan Tinggal di Hunian Vertikal

19 February 2024

Tingginya harga hunian di Jakarta merupakan masalah menahun yang tidak kunjung membaik. Berdasarkan data Bank Indonesia, indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan II 2023 tercatat naik sebesar 1,92% (YoY). Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada triwulan sebelumnya, yaitu sebesar 1,79% (YoY).

Salah satu faktor penyebab utama tingginya harga hunian di Jakarta adalah lahan yang semakin terbatas. Oleh sebab itu, lahan di Jakarta dan sekitarnya perlu dimanfaatkan dengan lebih optimal. Pemanfaatan lahan yang optimal dapat dicapai dengan meningkatkan pengembangan hunian vertikal sebagai alternatif landed house

Contoh penerapannya dapat dilihat di beberapa compact cities di Asia, seperti Tokyo, Hong Kong, dan Singapura yang membangun ke atas, termasuk dengan mengutamakan penyediaan hunian vertikal. 

Lalu, seberapa minatkah warga Jakarta untuk beralih dari  landed house ke  hunian vertikal? 

Menurut hasil survei yang digelar oleh JPI pada tahun 2020, mayoritas milenial Indonesia yang tersebar di Jakarta dan luar Jakarta (Bodetabek) ingin tinggal di hunian vertikal. Hasil survei ini menunjukkan bahwa 54% responden berminat untuk tinggal di apartemen.

Mempertimbangkan masalah urban land scarcity di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia, sudah saatnya masyarakat lebih terbuka dengan konsep hunian vertikal. Selain dapat menjadi solusi berkelanjutan masalah tidak terjangkaunya harga hunian di kota, tinggal di hunian vertikal juga menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan landed house

Apa saja kelebihan hunian vertikal? 

Beberapa kelebihan hunian vertikal dibandingkan landed house yang patut dipertimbangkan antara lain:

1. Lebih terjangkau dan hemat biaya

Pada umumnya, hunian vertikal dinilai berpotensi menawarkan perumahan yang lebih terjangkau dibandingkan landed house. Terlebih lagi di wilayah perkotaan padat penduduk, seperti Jakarta, di mana harga tanah sangat tinggi.

2. Kemudahan dan aksesibilitas

Hunian vertikal pada umumnya berlokasi di wilayah strategis sehingga memudahkan penghuninya mengakses transportasi umum, fasilitas seperti pusat perbelanjaan dan restoran, serta tempat kerja. Kemudahan ini otomatis membuat penghuni hunian vertikal lebih hemat waktu, ongkos, dan tenaga sehingga meningkatkan kualitas hidup.

3. Tanggung jawab pemeliharaan lebih rendah

Salah satu kelebihan hunian vertikal lainnya adalah sedikitnya tanggung jawab pemeliharaan dibandingkan dengan landed house. Perusahaan pengelola properti pada umumnya bertanggung jawab untuk menangani pemeliharaan area umum hingga unit hunian setiap penghuni. Hal ini membebaskan penghuni hunian vertikal dari berbagai biaya tak terduga dan tugas-tugas terkait pemeliharaan tempat tinggal. 

4. Fasilitas komunal dan interaksi sosial

Meskipun di Indonesia sering dinilai lebih individualistis, kehidupan di hunian vertikal sebenarnya dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antar penghuni karena adanya area dan fasilitas komunal. Contohnya, fasilitas olah raga, ruang terbuka, kolam renang, dan lain-lain, di mana penghuni dapat bertemu dan bersosialisasi. 

Lingkungan komunal ini dapat memfasilitasi interaksi yang terkadang tidak ditemui saat tinggal di landed house dengan gaya hidup yang sibuk.

5. Keamanan dan Keselamatan

Kebanyakan hunian vertikal menawarkan fitur keamanan seperti petugas keamanan 24 jam dan kamera CCTV yang tentunya membuat penghuni merasa lebih aman. 

Peningkatan ketersediaan hunian vertikal di Jakarta dapat membuat harga hunian di Jakarta lebih terjangkau. Selain itu, Jakarta pun bisa perlahan beralih menjadi compact city yang sehat untuk warganya. 

Oleh sebab itu, sudah saatnya warga Jakarta dan sekitarnya mulai melirik hunian vertikal sebagai pilihan utama demi tercapainya kehidupan dan kota yang lebih sehat dan berkelanjutan. 

Nah, sudah siapkah Anda mengakhiri romantisisme landed house dan beralih ke hunian vertikal? 


Publications

Blog/opinion

News releases

Close Button

Stay Informed!

Sign up here to get our latest content, updates and special events delivered to your inbox.