Kompendium Bangunan di Jakarta:

Buku 1 - Saf kebakaran dan pusat pengendali kebakaran

Jakarta Property Institute (JPI) menerbitkan buku kompendium peraturan bangunan di Jakarta. Buku pertama yang diterbitkan berjudul “Saf Kebakaran dan Pusat Pengendali Kebakaran”. Buku ini adalah awalan dari rangkaian buku yang JPI susun apik agar bisa menjadi pedoman bagi perencana untuk merencanakan saf kebakaran di gedung tinggi khususnya di DKI Jakarta. Buku ini adalah wujud partisipasi aktif untuk mensosialisasikan praktik perencanaan dan penerapan saf kebakaran terbaik.

Buku ini berisi definisi, persyaratan dan kriteria untuk saf kebakaran dan pusat pengendali kebakaran berdasarkan peraturan – peraturan dari tingkat nasional, tingkat daerah dan peraturan gubernur yang berlaku. Selain itu, ada poin-poin pendapat dari ahli dan dinas terkait yang dirangkum dari hasil wawancara langsung.

Saf kebakaran adalah satu saf terlindung dari kebakaran yang berfungsi sebagai pusat kegiatan dalam operasi pemadaman kebakaran. Dalam saf kebakaran terdapat lobi, tangga, beserta lif khusus yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran di suatu bangunan gedung. Setiap gedung diwajibkan memiliki saf kebakaran dengan kriteria dan jumlah yang berbeda sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Pusat pengendali kebakaran adalah suatu ruangan khusus yang dikhususkan untuk melakukan tindakan pengendalian dan pengarahan selama berlangsungnya operasi penanggulangan kebakaran atau penangan kondisi darurat lainnya. Ruangan ini tidak digunakan untuk keperluan lain yang berkaitan dengan unsur keselamatan atau keamanan bagi penghuni bangunan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan unduh e-book: Buku 1 - Saf Kebakaran dan Pusat Pengendali Kebakaran

Kembali ke website JPI